Jumat, 16 November 2012

Batu Empedu Jangan Dikira Maag

Batu Empedu Jangan Dikira Maag

  Sejak tubuh mencerna makanan, Sebenarnya bukan hanya lambung dan usus saja yang bekerja keras. Ada organ lain yang tidak kalah sibuknya, salah satunya adalah kantung (kandung) empedu. Kantung empedu ikut membantu mencerna lemak makanan. Apakah jadinya jika ternyata kantung empedu itu rusak.

  Menurut Prof. Dr. H.M, Sjaifoellah Noer, gangguan pada kantung atau saluran empedu bisa berupa infeksi saluran empedu dan adanya baru dikantung atau saluran empedu. Biasanya penyakit ini diderita oleh para wanita yang mempunyai tubuh gemuk dan berumur diatas 40 tahun. Penyebabnya adalah komposisi makanannya, misalnya goreng - gorengan yang mengandung kolestrol.
  
  Batu empedu juga bisa muncul jika seseorang menjalani diet tinggi lemak, sebab cairan empedunya jarang di gunakan. Akibatnya, cairan empedu tersebut mengendap dan memungkinkan pola hidup serta pola makan padat lemak dan bakat lemak dari faktor keturunan juga dapat memicu kemunculan penyakit ini. Selain itu, penyakit ini juga dapat muncul karena kelebihan berat badan, penderita kencing manis, serta sakit lever kronis.

  Namun, sering - seringannya dampak yang ditimbulkan oleh operasi, tentu masih lebih nyaman jika kita hidup sehat tanpa batu di kantung empedu. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang itu saja.


                                                                                                                                   NASHA
                                                                                                                             D11.2012.01571

0 komentar:

Posting Komentar